Sunday, November 4, 2012

Tips Mudah Merawat Kulkas

Di zaman sekarang kulkas alias lemari pendingin sudah menjadi kebutuhan sebagian besar rumah tangga. Di  kota-kota besar maupun di perkampungan kulkas menjadi andalan penyimpan bahan makanan. Dengan begitu, sang ratu rumah tangga tak perlu belanja sayuran, buah-buahan, dan daging segar setiap hari. Namun, seringkali fungsi itu menyebabkan kulkas terabaikan kondisinya sehingga bagian dalamnya bau dan cepat rusak.

Agar kulkas berfungsi optimal, berikanlah perawatan yang layak. Ingatlah, matikan saluran listrik kulkas Anda saat sedang membersihkan bagian-bagian yang berhubungan langsung dengan kabel listrik.
Berikut beberapa cara perawatan alat ini:

Menghilangkan Bau
Hilangkan bau dari dalam kulkas dengan meletakkan kapas yang sudah direndam dengan ekstrak vanili. Metode populer lainnya adalah selalu meletakkan secangkir soda kue atau seiris jeruk dalam kulkas.

Mencegah jamur
Untuk mencegah jamurdi dalam kulkas, lap permukaannya secara teratur. Lap bagian dalam kulkas itu dengan cairan air dan cuka dengan perbandingan 1:1.

Atur Posisi
Pastikan kulkas Anda berdiri pada permukaan yang datar. Kulkas yang posisinya jomplang bekerja lebih berat ketimbang pada posisi lebih datar. Selain itu, energi yang terbuang pun lebih banyak.

Posisi Belakang Kulkas
Letakan kulkas dengan tidak teralu rapat ke tembok. kira-kira 20 cm dari permukaan tembok, untuk memberi ruang terhadap hawa panas yang ada dalam kondensor.
Bersihkan belakang kulkas Anda. Ini akan membuat kulkas berumur lebih panjang dan bekerja lebih efisien.

Atur Suhu
Dalam system kulkas defrost biasanya kulkas satu pintu. Ada komponen yang bernama thermostat. Atur suhu dalam posisi rendah low atau middle. Kalau petunjuknya berbentuk angka, taruh di angka 2 atau 3.
















1 comment: